img_3969Pada hari kamis, tanggal 26 Januari 2017 bertempat di Laboratorium Komputer Gedung II Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dilaksanakan ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru prodi profesi apoteker. Ujian seleksi tersebut merupakan tahapan yang harus dilalui oleh calon mahasiswa baru prodi profesi apoteker setelah mereka lulus seleksi administrasi. Ujian seleksi yang dilakukan menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) bekerjasama dengan prodi Ilmu Komputer FMIPA ULM, dimana mahasiswa langsung mengerjakan soal dan menjawabnya di komputer. Pelaksanaan seleksi dengan sistem CBT ini lebih mudah dan hasilnya bisa langsung diketahui segera setelah ujian berakhir.

Pelaksanaan ujian CBT dimulai pada pukul 09.00 WITA dan berakhir pada pukul 10.40 WITA, atau jika dialokasikan ujian CBT berlangsung selama 100 menit. Ujian CBT terdiri dari 100 soal, dimana tiap satu butir soal mahasiswa diberi waktu 1 menit untuk menjawab. Materi yang diujikan pada saat seleksi tersebut terdiri dari 5 bidang keilmuan, yaitu Farmakologi, Farmakoterapi, Kimia Farmasi, Biologi Farmasi, dan Teknologi Farmasi.

img_3967Calon mahasiswa sangat antusias mengikuti ujian seleksi penerimaan ini, terlihat dari beberapa orang mahasiswa sudah berhadir di tempat pelaksanaan ujian 1 jam sebelum ujian dimulai. Kegiatan ujian tersebut, selain dihadiri oleh calon mahasiswa (peserta ujian) juga turut berhadir Dekan FMIPA ULM Drs. Heri Budi Santoso, M.Si, Kaprodi S1 Farmasi Liling Triyasmono, M.Sc., Apt, Kaprodi Profesi Apoteker Difa Intannia, M.Farm-Klin., Apt, serta pengelola PSPA yang sekaligus berlaku sebagai pengawas pelaksanaan ujian seleksi.