workshop-kontrasepsi_20170506_165959Pada hari Sabtu, tanggal 6 Mei 2017 bertempat di Ruang Apoteker 1-2 Gedung II FMIPA ULM, Program studi Profesi Apoteker FMIPA ULM menyelenggarakan kegiatan Workshop yang bertema tentang “Penggunaan Kontrasepsi Hormonal dalam Berbagai Kondisi”. Narasumber yang diundang dalam acara workshop tersebut adalah dr. Bambang Abimanyu, Sp.OG (K), dokter spesialis obsgyn dari RSUD Ulin Banjarmasin dan Budi Raharjo, Sp.FRS., praktisi dari RS Margono Soekarjo Purwokerto.

img_4327Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Abdul Gafur, M.Si., M.Sc., Ph.D turut berhadir dalam acara workshop sekaligus membuka secara resmi acara workshop tersebut. Selain itu berhadir pula Kaprodi S1 Farmasi Liling Triyasmono, M.Sc., Apt dan Kaprodi Profesi Apoteker Difa Intannia, M.Farm-Klin., Apt. Acara workshop kali ini dihadiri oleh peserta dari berbagai kalangan yaitu dosen, apoteker yang bekerja di rumah sakit, apotek, dan distribusi, serta mahasiswa PSPA dan S1 Farmasi.

Tema yang diangkat pada acara workshop kali ini terbilang sangat menarik yaitu tentang kontrasepsi hormonal. Seorang apoteker harus tahu dan paham tentang kontrasepsi hormonal, karena kontrasepsi hormonal termasuk salah satu obat wajib apotek yang dapat dibeli di apotek tanpa menggunakan resep dokter, dan yang menyerahkan adalah apoteker. Apabila seorang apoteker tidak paham tentang kontrasepsi hormonal, bagaimana nantinya dia akan menjelaskan kepada pasien yang akan membeli kontrasepsi tersebut. Oleh karena itu, untuk memberikan update ilmu terkait kontrasepsi, kegiatan workshop ini diselenggarakan.img_4328

Kedepannya kegiatan workshop ini akan menjadi salah satu kegiatan rutin dari PSPA, yang akan mengangkat tema-tema yang menarik dan dapat bermanfaat bagi apoteker khususnya, dan kalangan lain pada umumnya. (admin)

 

Materi kegiatan workshop dapat didownload di:

http://apoteker.ulm.ac.id/download/materi-workshop-kontrasepsi-1/

http://apoteker.ulm.ac.id/download/materi-workshop-kontrasepsi-2/

http://apoteker.ulm.ac.id/download/materi-workshop-3/